Minggu, 21 April 2013

Sebab-Sebab Kemunduran Umat Islam


Bahan Renungan Buat Umat Islam

Secara umum penyebab kemunduran umat Islam karena umat Islam meninggalkan ajaran agama mereka. Dengan kata lain, sikap dan perilaku umat Islam jauh dari nilai-nilai al-Quran. Muhammad Abduh pernah berkata, “wajatul islama fi baris, falam ajid al-muslim,Wawajadtu al-muslima fi mishr, falam ajid al-islama” (Saya menemukan Islam di Paris, tapi tidak ada muslim. Dan saya menemukan Muslim di Mesir tapi tidak menemukan Islam). Ini adalah kritik yang diungkapkan oleh Abduh bahwa kita yang mengaku Muslim belum melaksanakan ajaran Islam sepenuhnya.
Pengacuhan terhadap nilai-nilai al-Quran adalah faktor utama kemunduran umat Islam. Menurut Ibnu Taimiyah, orang yang mengacuhkan al-Quran adalah mereka yang tidak membaca al-Quran, membaca al-Quran tapi tidak mentadaburinya, serta membaca dan mentadaburi al-Quran tapi tidak mengamalkannya.
Dr. Ahmad Amin dalam bukunya “Islam Sepanjang Zaman” menyatakan bahwa penyebab kemunduran Islam antara lain disebabkan hilangnya ruh Islam dalam sikap dan perbuatan umat Islam. Agama Islam ibarat tubuh tanpa nyawa karena umat Islam tidak mengamalkan ajaran Islam seperti yang telah diajarkan oleh Kanjeng Nabi Muhammad SAW.
Sementara itu, saat membicarakan sebab-sebab kemunduran uamt Islam, Muhammad al-Ghazali al-Saqa dalam bukunya “Kayfa nata’amal ma’a al-Quran”, mengisyaratkan bahwa krisis pemikiran dijadikan sebagai isu utama. Oleh Karena itu, beliau mengajukan metode alternatif dalam memahami al-Quran sehingga umat Islam bisa memahami Kitab Suci agama mereka dengan benar agar umat Islam saat ini bisa membangun kembali kejayaan Islam seperti yang dilakukan oleh umat Islam masa lalu.
Tidak dapat dipungkuri lagi bahwa runtuhnya kejayaan Islam bersamaan dengan runtuhnya kekuasaan Islam (khilafah) dan penjajahan yang dialami negeri-negeri Muslim. Bernard Lewis dalam “What Went Wrong? Western Impact and Middle East Response” melihat keruntuhan khilafah dan kemunduran umat Islam itu banyak disebabkan oleh persoalan internal umat Islam, seperti kecenderungan penguasa korup yang lebih mementingkan uang dan kekuasaan, serta perpecahan di kalangan umat Islam.
Karena itu, mari kita bersama-sama tunjukkan bahwa Islam kita ini sebagai cara hidup yang rahmatul lil ‘alamin, yang mampu membawa perubahan ke arah kebaikan dan keadilan social. Untuk memulainya marilah kita mulai dari diri kita sendiri dengan sungguh-sungguh.


,,,,,,,Wallahu a’lam,,,,,
                                                                 by Samhuddi

0 komentar:

Poskan Komentar